Selayang Pandang

Kita sedang memulai sebuah sejarah baru dalam dunia fotografi profesional di Indonesia, dengan terbentuknya Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI)  sebagai wadah komunikasi para fotografer di Indonesia semoga dapat  mengangkat profesionalisme fotografer di kancah nasional maupun Internasional.

Dengan dukungan awal dari 18 provinsi, antara lain dari Papua, Sulawesi Selatan, NTB, Bali, Kalimantan Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, hingga Nangroe Aceh Darussalam. Saat ini anggota APFI telah tersebar di 30 Propinsi di Indonesia dengan 22 Pengurus Daerah.

APFI Pengurus Cabang Bekasi, bertumbuh dari rasa keingin untuk memberikan warna baru dalam dunia fotografi di Bekasi dan memberikan edukasi bagi para fotografer untuk meningkatlan mutu, standart kompetensi, profesionalisme dan memberikan advokasi bagi para profesi fotografi di Bekasi.

Melalui Surat keputusan No.041/SK/16-apfi/X/2017, pada tanggal 16 Oktober 2017 memutuskan pengukuhan dan pengangkatan Kepengurusan APFI Pengcab Bekasi, Deklarasi APFI Pengcab Bekasi dilakukan pada 21 Oktober 2017 dengan dihadiri oleh Bpk Ridha Kusumabrata selaku Ketua APFI Pengurus daerah Jakarta (wilayah Kerja Jakarta, Bekasi dan Depok) dan Bpk Ferry Ardianto selaku Pembina APFI, mengambil tempat di Sky Lounge, Hotel Aston Bekasi. Adapun jumlah anggota APFI Pengcab Bekasi pada saat dideklarasikan berjumah 18 orang.

Berangkat dari keinginan yang kuat untuk menyatukan para fotografer di wilayah Bekasi, APFI Pengcab Bekasi terus mencari fotografer-fotografer yang memiliki kemampuan dan kompetensi di bidangnya melalui pendekatan pendekatan di media sosial dan kunjungan kunjungan ke berbagai komunitas fotografi yang ada di Bekasi.

Didalam setiap kunjungan dan sosialisasi, APFI Pengcab Bekasi selalu memperkenalkan Sertifikasi Kompetensi, dimana spesifikasi dari sikap, pengetahuan dan keterampilan atau keahlian seseorang serta penerapan nya secara efektif dalam pekerjaan sesuai dengan standar kerja yang dipersyaratkan, dalam hal ini khususnya fotografer profesional. Seseorang yang memiliki sertifikat kompetensi maka ia akan mendapat kan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi kerja yang dikuasainya. Hal ini dilakukan agar fotografer maupun para penggiat fotografi sadar atas kemampuan dirinya dan patut di apresiasi sebagai bentuk penghargaan pada karya seni dan profesi dibidang fotografi itu sendiri di rana publik.

Dengan terus bertambahnya fotografer di wilayah Bekasi baik itu penghobi fotografi maupun fotografer yang bergerak dalam ranah profesional, APFI Pengcab Bekasi terus mengembangkan sayap agar APFI dapat di terima di tengah tengah masyarakat Bekasi.

Adapun kepengurusan pertama APFI Pengcab Bekasi untuk periode 2017 – 2020 adalah sebagai berikut :

Ketua:Rizki Trestianto (KIKI)
Sekretaris 1:Hasnul Ramadhan
Sekretaris 2:Agung Hadiawan
Bendahara:M. Jamal Syamlan
Humas 1:Septa Anjar K.
Humas 2:Dede Irawan
Humas 3:Maman Darmawan
SDM 1:Erland Mubarok
SDM 2:M. Dwi Arief
SDM 3:Zulkifli
Usaha:Nilasari Savitri
IT & Litbang:Adhitya Yulian D.

APFI Pengcab Bekasi memiliki ide serta gagasan agar bisa mendapatkan perhatian khusus dari seluruh pihak terkait di wilayah Bekasi, terutama dalam Instansi Pemerintahan, Dinas, Universitas dan Sekolah yang ada di wilayah Bekasi, melalui sosialisasi dan pengenalan. Kami berharap mendapatkan ruang untuk dapat diterima sebagai Asosiasi Fotografi  yang diakui oleh pihak-pihak terkait untuk dapat melakukan kerjasama yang baik kedepannya serta menjalin silaturahmi  dan saling memberikan kontribusi yang positif terutama pada ranah pekerjaan yang membutuhkan jasa dokumentasi.

Puji dan syukur kepada Tuhan YME, pada tanggal 17 Oktober 2017, Sdr. Rizki Trestianto sebagai Ketua Terpilih memberikan sambutan baik kepada APFI Pengcab Bekasi untuk menggunakan studionya sebagai Kantor Sekretariat sementara.

(Penyusun : Pengurus APFI Pengcab Bekasi Periode 2017 – 2020)